Penyakit dari diabetes melitus ditanda dengan naiknya kadar gula pada darah. Penyebab dapat dikaitkan dengan faktor keterunan sampai dengan obesitas. Pencegahan untuk diabetes tipe 1 akan bisa lebih sulit dikarenakan berhubungan pada faktor genetik. Sedangkan dengan diabetes tipe 2 yang biasanya bermula dari gaya hidup yang tidak baik masih dapat dicegah. Cara agar bisa mencegah terjadinya diabetes tersebut adalah dengan cara lebih fokus dalam menjaga kadar gula darah supaya tetap stabil.

Ungkapan dari mencegah lebih baik dari pada mengobati adalah hal yang benar. Sebab, diabetes merupakan salah satu penyakit yang akan butuhkan pengobatan seumur hidup. Dengan begitu, sangat penting agar bisa lakukan langkah pencegahan terdahap diabetes dari sekarang.

Naiknya kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 2 awalnya dari kondisi resistensi insulin. Kondisi tersebut dapat sebabkan hormon insulin tidak bisa digunakan dengan normal oleh sel yang terdapat ditubuh. Sebenarnya insulin memiliki fungsi dalam membantu sel tubuh untuk menyerap gula darah atau glukosa agar bisa berubah menjadi energi.

Dengan menjalankan pola hidup yang sehat, sensitivitas pada sel tubuh bagi insulin akan bisa semakin meningkat dengan begitu akan cegah risiko dari resistensi insulin. Berikut ini merupakan beberapa tips dalam mengubah gaya hidup yang sehat agar bisa mencegah diabetes:

1. Konsumsi makanan yang bergizi

Dengan melakukan diet yang bagik adalah salah satu cara agar bisa mencegah diabetes. Pencehatan tersebut bisa bantu kalian dalam kendalikan berat badan kalian supaya bisa tetap ideal sehingga akan bisa turunkan risiko diabetes.

Supaya bisa mencegah penyakit diabetes, pastikan makanan yang ada dipiring kalian harus selalu adanya mengandung nutrisi seimbang dan lengkap. seperti mineral, vitamin, lemak baik, serat, protein, serta karbohidrat.

2. Menjaga agar berat badan tetap ideal

Mempunyai berat badan yang ideal merupakan cara lain agar dapat mencegah dari penyakit diabetes. Sebab, dengan kelebihan berat badan atau obesitas adalah salah satu dari faktor utama sebabkan diabetes.

Obesitas dapat mengganggu kerja dari metebolisme yang pada ujungnya akan membuat sel pada tubuh tidak bisa merespon insulin dengan baik. Tubuh kalian akan bisa kurang sensitif pada insulin. Sehingga resistensi insulin pada akhirnya akan akibatkan diabetes.

Leave a comment