Menjaga empedu tetap sehat adalah suatu hal yang sangat penting. Gangguan pada empedu juga mempunyai dampak bagi proses pencernaan dalam tubuh. Empedu adalah cairan yang miliki fungsi untuk bisa uraikan lemak yang membuat lebih mudah untuk diserap oleh tubuh kita. Cairan tersebut diproduksi dari hati, dan kemudian disimpan pada kantung empedu dan setelah itu akan dialirkan dari saluran empedu pada saat kita butuhkan. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat kalian lakukan agar bisa menjaga kesehatan pada empedu:

1. Memperbaiki gaya hidup

refluks empedu merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi di empedu. Kondisi tersebut ditandai dengan adanya cairan empedu yang naik ke lambung, dan di kondisi yang cukup jarang naik hingga ke kerongkongan. Tidak jarang refluks empedu bisa terjadi barengan dengan GERD (refluks asam lambung). Di samping dengan jalani pola makan yang baik bagi kesehatan empedu, kalian juga dapat mencegah terjadinya refluks empedu melalui cara memperbaiki gaya hidup. Ada beberapa macam hal yang bisa kalian lakukan seperti:

* Menjaga agar tubuh tetap rileks
* Hindari konsumsi alkohol
* Hindari merokok
* Tidur menggunakan bantal yang tinggi
* Selalu menjaga badan agar tetap tegak dengan durasi 2 sampai 3 jam sesudah makan
* Makan menggunakan porsi yang lebih kecil

2. Menjaga agar berat badan tetap ideal

Jenis diet tertentu, operasi dalam turunkan berat badan, dan obesitas merupakan hal yang bisa tingkatkan risiko datangnya penyakit kantung empedu. Usahakan untuk tetap mempertahankan berat badan kalian agar bisa tetap ideal dan mulai untuk lebih aktif dalam bergerak supaya empedu kalian bisa tetap sehat.

Jika berat badan kalian terlalu berlebihan, cobalah untuk kurangi dengan perlahan. Kalian tidak perlu untuk melakukan diet yang ketat untuk bisa turunkan berat badan dengan drastis, dikarenakan hal tersebut akan bisa rangsangkan hati untuk keluarkan kolestrol lebih banyak ke empedu. Hal tersebut akan bisa mengakibatkan keseimbangan komposisi pada empedu terganggu dan dapat memicu terbentuknya batu empedu.

Selain mempunyai manfaat bagi kelangsungan sistem pencernaan, dengan menjaga kesehatan pada empedu penting bagi kondisi lain seperti kanker kantung empedu dan batu empedu.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *