Asam lemak omega 3, adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun nutrisi yang satu ini tidak bisa memproduksi secara alami didalam tubuh dan harus didapatkan dari konsumsi makanan. Asam lemak omega 3 merupakan lemak tak jenuh tunggal mempunyai beberapa jenis, yakni alpha linolenic acid (ALA), dicosahexaenoic acid (DHA), dan eicosapentaenoic acid (EPA).

Omega 3 mempunyai peran penting bagi tubuh kalian, yaitu sebagai salah satu komponen fostolipid. fostolipid merupakan salah satu molekul lipid atau lemak yang mempunyai tugas untuk membuat bentuk struktur membran sel di sperma, otak dan juga retina mata.

Untuk tubuh kalian bisa sehat, kalian perlu untuk memenuhi asupan omega 3. Seperti yang dilansir dari National Institute of Health dimana jenis-jenis asupan omega 3 berbeda-beda. Agar bisa dapat penuhi asupan nutrisi yang satu ini. Kalian bisa konsumsi makanan yang memiliki kandungan omega 3 sebagai berikut ini:

1. Ikan teri

Ikan teri merupakan jenis ikan kecil yang ternyata mempunyai banyak nutrisi. Hidangan laut yang satu ini mempunyai kandungan omega 3, kalsium, selenium, dan Vitamin B3.

2.013 mg omega 3 terdapat didalam 100 gram ikan teri. Jenis ikan yang satu ini mudah ditemukan di setiap pasar yang anda pergi dan dapat diolah menjadi bermacam menu, yaitu seperti ditumis, dibuat pepes, ataupun digoreng.

2. Sarden

Selain dari ikan salmon, ikan sarden juga mempunyai kandungan omega 3 yang banyak. Dari 100 gram ikan sarden terdapat  1,489 mg asam lemak omega 3. Ikan sarden juga mempunyai nutrisi lainya seperti selium, Vitamin D, dan juga Vitamin B12. Kalian bisa mencoba dimasak dengan cara di kukus.

3. Tiram

Bila kalian bosan dengan mengkonsumsi ikan, tiram adalah makan laut uang bisa kalian coba untuk memenuhi asupan omega 3 per harinya. 436 mg omega 3 terkandung didalam setiap 100 gram tiram.

Selain memiliki kandungan omega 3, jenis ikan yang satu ini juga mempunyai bermacam nutrisi seperti vitamin B12, tembaga, dan zinc.

4. Salmon
Ikan Salmon telah dikenal sejak lama bahwa kaya akan asam lemak omega 3. 2.261 mg omega 3 terkandung didalam 100 gram ikan salmon.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *