Pada biasanya dokker akan lakukan tes kepadatan tulang atau juga disebut dengan bone densitrometri test untuk melakukan diagnosis pada pasien yang mengalami osterporosis atau tidak. Tes yang satu ini juga dapat digunakan untuk memprediksi respon pada tubuh dengan pengobatan yang akan direncanankan. Hasil tes kalian nanti akan bisa membantu dokter untuk tentukan jenis obat yang tepat, yang dapat meringakan gejala dari osteoporoses dan juga dapat memperbaiki kondisi tulang kalian yang mengalami keropos.

Kebanyakan pada khasus tulang yang telah rentan patah dan keropos yang disebabkan oleh osteoporosis bisa diperkuat kembali mengunakan pilihan obat yang tepat. Berikut ini merupakan beberapa jenis obat yang biasa diresepkan oleh dokter untuk pengobatan osteoporosis :

1. Suplemen kalsium dan vitamin D

Nyaris pada setiap obat yang diresepkan oleh dokter agar bisa melindungi tulang kalian akan dibarengi dengan suplemen vitamin D dan kalsium. Kombinasi diantara kedua suplemen dan obat resep tersebut dibutuhkan agar bisa maksimalkan efek dari pengobatan osteoporosis.

Orang dewasa ataupun orang muda perlu untuk asupan sekitar 1.100 miligram kalsium perharinya agar bisa menjaga tulang bisa tepat kuat dan sehat. Bila kalian telah berusia 50 tahun keatas dan mempunyai osteoporosis, kalian diperlukan untuk konsumsi suplemen kalsium yang memiliki dosis sekitar 1.210 miligram perharinya.

Namun begitu, tentu saja kalian harus mendapatkan resep dari dokter untuk menggunakan suplemen kombinasi bitamin d dan kalsium. Bila tidak, suplemen bisa saja mengganggu kerja obat osteoporosis lainnya.

2. Asam zoledronat

Asam zoledronat merupakan salah satu jenis obat bifosfonat yang bisa membantu untuk mencegah dan pengeroposan pada tulang. Obat tersebut pada umumnya tersedian dengan dua merek, yakni Zometa dan reclast.

Obat Zometa biasanya digunakan sebagai penstabil kadar kalsium yang ada pada darah yang terlalu tinggi diakibatkan oleh kanker. Selain digunakan sebagai osteporosis, Zometa juga dapat digunakan mengobati multiple myeloma atau sejenis dengan kanker sumsum tulang yang telah menyebar.

Reclast digunakan sebagai obat yang banyak digunakan untuk mengobati osteroporosis dikarenakan kegagalan produksi hormon seks, penggunaan steroid, atau juga menopause. Reclast yang juga dapat digunakan sebagai obat penyakit paget tulang.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *