Apakah anda percaya dengan karma? mungkin dari sebagian orang tidak akan percaya dengan hal-hal seperti ini dan mungkin sebagian orang juga percaya karma itu ada. Manusia hidup di dunia ini pastinya memiliki sisi baik dan sisi buruknya maka dari itu adanya orang jahat dan orang baik karena pada dasarnya manusia itu tidak ada yang sempuran. Baik buruknya manusia itu tergantung pada perbuatan manusia itu sendiri maka dari itu ada istilah pepatah mengatakan “Apa yang kita petik, itulah yang akan kita tanam” dan tidak mungkin menanam padi akan tumbuh jagung.

Seseorang tidak bisa menghindari dari hasil apa yang dia buat, jika dia berbuat jahat kepada seseorang mungkin dia akan mendapatkan balasannya juga meskipun tidak secara langsung atu instan dan begitu juga sebaliknya jika sering berbuat baik maka ia juga akan mendapatkan kebaikan juga. Ini haru di sadari, bahwa penderitaan di saat ini adalah akibat perbuatakn kira sendiri terhadap seseorang baik perbuatakan di masa kini ataupun di masa lampu. harus kita sadari jiga bila kita berbuat jahat kepada orang baik itu disengaja ataupun tidak sengaja agar penderitaan itu akan segera berakhir cobalah untuk berusaha berbuat baik salah satu berbuat baik yang dilakukan yaitu memberikan kebahagiaan kepada orang yang kita kenal ataupun orang yang belum kita kenal.

Istilah karma ini pada umumnya sangat di percayai dalam umat bergama Buddha, karena di di dalam agama Buddha terdapat yang namanya ajaran mengenai karma. Maka dari itu percaya atau tidaknya karma itu sudah tergantung pada diri kita sendiri dan sebaiknya kita hidup di dunia ini sebaiknya banyaklah berbuat baik dan tidak menyakiti orang lain karena kelah jika kita hidup di masa yang akan datang kita akan mendapatkan banyak kebahagiaan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *