Selain Yakuza Inilah 4 Kelompok Kriminal Terbesar di Dunia Ini

Seorang mantan bos Yakuza Shigeharu Shirai, ditangkap di Thailand setelah buron selama 14 tahun. Shirai terdeteksi di kota Lopburi setelah foto tubuhnya penuh tato viral di internet.

Selain Yakuza Inilah 4 Kelompok Kriminal Terbesar di Dunia Ini
Selain Yakuza Inilah 4 Kelompok Kriminal Terbesar di Dunia Ini

Penangkapan Shigeharu Shirai membuat nama Yakuza kembali mengemuka lagi. Geng kriminal asal Jepang itu terkenal di seluruh dunia dikarenakan pengaruh dan jumlah anggotanya yang besar.

Namun selain Yakuza juga ada beberapa organisasi kriminal lain yang mendunia juga. Organisasinya juga memiliki anggota ribuan orang juga memiliki aktivitas di seluruh dunia.

Sisilia – Italia

Selain Yakuza dan geng “Triad”, ada juga geng besar lain Kelompok Sisilia dari Italia. Sisilia merupakan nama pulau Italia di Laut Mediterania. Pada awalnya mafia Sisilia satu keluarga kemudian berkembang menjadi beberapa kelompok geng kriminal.

Kemudian pengaruh mafia Sisilia terus berkembang sampai akhir 1970an, mafia Sisilia merupakan kelompok mengendalikan perdagangan narkoba pada seluruh dunia. Memasuki abad 21, setelah banyak anggota keluarganya yang ditangkap, kelompok ini melemah. Saat ini meski melemah Sisilia masih aktif bersama visi yang sama.

Sinaloa – Meksiko

Sinaloa adalah nama kartel narkoba terbesar di Meksiko. Mereka adalah penghubung perdagangan narkoba antara Amerika Selatan juga Amerika. Tahun lalu, kartel ini merupakan penyelundup narkotika paling aktif ke Amerika Serikat.

Konsumsi narkoba di AS diperkirakan senilai USD 100 miliar per tahun. Sebanyak 60 % dari total konsumsi tersebut dikendalikan Sinaloa. Menurut Washington Post, antara 1990 dan 2008, Sinaloa menyelundu pkan hingga 200 ton kokain ke AS.

Triad – China

Triad merupakan sebuah istilah yang menggambarkan banyak kelompok kejahatan terorganisir. Berawal dari China, Triad berkembang hingga ke Taiwan, Hong Kong dan Singapura. Triad juga berkembang di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, Selandia Baru dan beberapa negara lainnya.

Diperkirakan jika mereka di satukan semua jumlahnya bisa mencapai 2,5 juta orang. Dari banyak organisasi yang ada, sekarang ini Triad dibagi jadi empat bagian besar, yakni Wo Hop To, Wo Shing Wo, Sun Ye on, 14K juga Luen.

Wo Shing Wo merupakan organisasi tertua di antara yang lainnya, diperkirakan mereka ada sejak tahun 1930-an. Sedangkan, Sun Ye on memiliki anggota yang paling banyak. Anggota Sun Ye On mencapai 55 ribu di seluruh dunia. Selain di Hong Kong, Sun Ye juga diduga memiliki anggota di Eropa, seperti Prancis dan Belgia.

Tindak kejahatan Triad meliputi pemalsuan uang juga perdagangan narkotika, sampai penyelundupan manusia. Data pemerintah AS tahun 2013 menunjukkan ada 100 ribu warga China yang diselundupkan ke AS oleh Triad. Dipaksa bekerja untuk Triad agar melunasi utang.

Mafia Rusia – Rusia

Mafia Rusia merupakan salah satu geng kriminal terbesar di dunia. Menurut profesor kriminolog Universitas Oxford, kelompok mafia itu terbagi menjadi 10 klan yang memiliki wilayah sendiri.

Mereka memiliki satu dewan yang terdiri dari 12 orang. Dewan tersebut yang mengatur dan menjalankan aktivitas geng kriminal di Rusia. Diperkirakan mafia Rusia itu beranggotakan lebih dari 9.000 anggota.

Sama seperti kelompok yang lainnya, mereka juga terlibat perdagangan narkoba juga penyelundupan manusia. Geng mafia ini berperan besar pada penyebaran heroin dari Afghanistan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *