Kebotakan yang disebabkan oleh rambut rontok yang umumnya terjadi pada orang dewasa. Akan tetapi, remaja dan anak-anak juga dapat mengalami hal tersebut. Kerontokan rambut pada anak dan remaja dapat menjadi tanda adanya penyakit atau salah nutrisi. Rambut rontok yang terjadi pada anak dalam masa remaja mereka dapat sebabkan perasaan stres dan emosional. Perlu kalian ingat bahwa kerontokan rambut oleh remaja cukup sering hanya sementara saja serta akan dapat tumbuh kembali dengan baik.

Umumnya orang akan kehilangan rambut sekitar 50 sampai dengan 100 helai per harinya. Jumlah ini masih terbilang normal sebab helai helai rambut akan bisa tumbuh dengan kembalinya. Akan tetapi bila kerontokan rambut melebihi angka itu?

Agar bisa mengatasi kerontokan rambut yang benar, kalian perlu untuk mengetahui penyebab utama dari kerontokan itu.

* Adanya perubahan hormon pada remaja yang dapat sebabkan rambut rontok

Kerontokan yang disebabkan hormon dapat terjadi kepada remaja perempuan. Pada saat anak telah berkembang dan tumbuh menjadi remaja, umumnya mereka akan alami cukup banyak perubahan hormon dan perubahan tubuh.

Pertumbuhan ketika masa pubertas inilah yang dapat membuat hormon tubuh menjadi tidak seimbang sehingga dapat sebabkan bermacam hal, contohnya seperti pertumbuhan rambut, kebiasaan makan dengan acak-acakan, dan naik turun emosi.

Pertumbuhan pada rambut dari akar akan diikat oleh hormon khusus. dihidrotestosteron (DHT) merupakan hormon yang menjadi penyebab dari kerontokan rambut. Hormon yang satu ini mempunyai peran pada pertumbuhan remaja di masa pubertas. Remaja perempuan umumnya akan dapat alami kerontokan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan pada hormon DHT. Namun, hal ini akan bisa kembali menjadi normal setelah hormon tersebut kembali seimbang.

* Kurangnya asupan nutrisi

Peran dari nutrisi di rambut sering tidak diperhatikan. Sebenarnya ini merupakan hal yang sangat penting bagi pencegahan terhadap rambut rontok pada remaja. Dengan seringnya konsumsi junk food dari pada sayur dan buah yang bergizi dapat mengakibatkan buruknya seperti kekurangan mineral, vitamin, serta protein yang dapat menahankan kekuatan pada rambut.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *