Mengenal Ginjal Serta Kondisi dan Penyakitnya


Ginjal merupakan dua organ yang berfungsi menyaring darah dan produk limbah dalam tubuh dari makanan, obat-obatan, dan racun. Bagaimana anatomi, fungsi dan kelainan ginjal? Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu ginjal?

Ginjal atau ginjal adalah sepasang organ berwarna coklat keunguan yang termasuk ke dalam sistem perkemihan. Itu terletak di bawah tulang rusuk dan di tengah punggung.

Bentuk ginjal yang seperti kacang membantu tubuh mengeluarkan racun dan sisa metabolisme dalam bentuk urin. Dikutip dari Verywell Health, ginjal juga disebut sebagai sistem penyaringan tubuh. Setiap ginjal juga terhubung ke kandung kemih melalui ureter.

Kondisi yang dapat mempengaruhi ginjal

Kegagalan menjaga kesehatan ginjal secara optimal dapat menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Berikut beberapa kondisi atau penyakit yang dapat mempengaruhi fungsi ginjal, seperti:

Glomerulonefritis

Ini merupakan peradangan pada glomeruli. Glomerulonefritis ini bisa datang tiba-tiba akibat infeksi tubuh lainnya. Misalnya, muncul setelah pasien sakit tenggorokan. Bakteri dapat menginfeksi ginjal melalui aliran darah. Dalam kasus seperti itu, ginjal biasanya akan sembuh kembali. Namun, jika berkembang perlahan, glomerulonefritis dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal.

Penyakit Ginjal Polikistik

Ini adalah kelainan genetik. Kista akan terbentuk di ginjal pasien dan membesar. Kista ini kemudian menyebabkan kerusakan ginjal hingga gagal ginjal.

Batu Ginjal

Seperti namanya, penyakit ini terjadi karena adanya batu di ginjal. Batu ginjal terbentuk dari mineral dan garam asam yang mengendap.
Pembentukan batu ginjal biasanya terjadi akibat sering buang air kecil. Mineral dalam urin kemudian menumpuk dan mengkristal di ginjal.

Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal yang disebut pielonefritis biasanya dimulai dengan infeksi saluran kemih (ISK). Bakteri masuk ke saluran kemih dan kemudian naik ke kandung kemih dan mencapai ginjal. Kondisi ini harus ditangani secara menyeluruh karena jika dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan dan penurunan fungsi ginjal.

Kanker Ginjal

Kanker ginjal adalah kanker paling umum ketujuh pada orang dewasa. Bentuk paling umum dari kanker ginjal adalah karsinoma sel ginjal.
Jika demikian, gejalanya mungkin termasuk darah dalam urin dan nyeri punggung yang tidak kunjung hilang.

Gagal Ginjal

Gagal ginjal adalah tahap paling serius dari penyakit ginjal, ketika ginjal berhenti bekerja. Orang yang sudah mengalami gagal ginjal harus menjalani cuci darah rutin atau transplantasi ginjal agar tetap hidup.

Untuk menjaga fungsi ginjal tetap normal, yang perlu Anda lakukan adalah minum banyak air, menjaga berat badan ideal, menjaga tekanan darah pada tingkat normal, dan minum obat sesuai resep dokter. Kebiasaan ini mungkin terlihat sepele, namun manfaatnya sangat penting untuk kesehatan ginjal Anda.