Siapa yang masih belum mengetahui seledri? Sayuran yang satu ini biasanya sering menjadi tambahan agar bisa mempercantik makanan dan bawang kering pada kuah bakso. Sebenarnya daun yang hijau keriting kecil tersebut mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Seledri sendiri mempunyai nama ilmiah apium graveolens, adalah sayuran yang masih dalam kelompok tanaman berjenis apiaceae. Daun seledri memiliki manfaat diantara lain sebagai sumber zat yang baik terdapat dari zat antioksidan dan beberapa macam jenis lainnya, contoh mineral dan vitamin seperti vitamin B16, asam folat, kalium, vitamin C, dan vitamin K. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari daun seledri bagi kesehatan tubuh:

1. Dapat turunkan tekanan darah

Daun seledri mempunyai n-butylphthalide yang mempunyai efek untuk bisa turunkan tekanan darah. Sedanolide dan n-butylphthalide merupakan zat yang terdapat di minyak seledri dan dapat timbulkan aroma khas dari daun seledri. Di sebuah penelitian telah membuktikan dengan percobaan terhadap tikus, ekstrak biji seledri bisa turunkan tekanan darah di tikus yang dengan mengalami hipertensi.

2. Pembunuh larva dan pengusir nyamuk

Dari sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minyak seledri yang dicampur dengan 5% vanillin akan bisa mengusir nyamuk, hingga bisa lebih baik dari pada beberapa pengusir nyamuk lainnya. Minyak dari biji seledri bisa digunakan agar dapat membunuh larva Aedes Aegypti, adalah nyamuk yang bisa akibatkan demam berdarah dengue.

3. Bisa melindungi hati

Ekstrak metanol yang terbuat dari biji seledri dapat lindungi hati dari kerusakan yang diakibatkan karbon tetra klorida dan paracetamol yang dilakukan dalam sebuah studi. Ketika hati mengalami kerusakan, pada saat pemeriksaan labolatorium bisa memperlihatkan hasil yang abnormal contohnya seperti petotal protein, SGPT, SGOT, dan albumin. Akan tetapi pada sebuah studi, bahwa ekstrak dari daun seledri bisa turunkan dri hasil abnormal itu.

4. Dapat turunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Daun seledri sendiri mempunyai manfaat kandungan zat yang bisa turunkan kolestrol, yang pastinya sesudah itu akan bisa berdampak pada kesehatan jantung. Ekstrak dari daun seledri bisa turunkan lipoprotein densitas, trigliserida dan juga kolesterol.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *