Apakah kalian pernah tahu bahwa ada teh dari saffron? Bila belum pernah, kalian perlu untuk mengenal rempah tersebut. Sebab, saffron mempunyai berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Saffron dipetik dari bunga yang bernama crocus sativus yang sering dikenal dengan saffron crocus. Nama dari saffron tersebut lebih mengacu bagian pada bunga crocus yang mempunyai struktur layaknya stigma (kepala putik) atau benang.

Stigma tersebut lalu dikeringkan. Kemudian dari hasil pengeringan tersebut yang dinamakan sebagai rempah saffron dan membutuhkan hingga 75 ribu pucuk dari bunga saffron yang bisa hasilkan lebih kurang setengah kilogram. Dengan begitu tidak heran lagi bila saffron menjadi salah satu rempah yang paling mahal di dunia. Dengan berat hanya 450 gram saffron bisa dihargai lebih kurang 500 sampai 5000 dollar Amerika.

Selain dari pada itu, bunga yang satu ini yang digunakan dalam pembuatan saffron hanya dapat tumbuh dapat tumbuh tiga hingga empat minggu pada bulan Oktober dan November. Berikut ini merupakan manfaat dari saffron untuk kesehatan tubuh kalian :

1. Dapat Meningkatkan memori

Seffron memiliki kandungan dua senyawa, yakni crocetin dan crocin, yang diyakini oleh peneliti bahwa bisa membantu dalam mengingat dan fungsi belajar. Pada penelitian tersebut menggunakan tikus sebagai salah satu objek untuk bisa temukan manfaat dari saffron yang bisa membantu untuk bisa mempermudah mengingat dan belajar. Dalam penelitian ini telah menunjukkan bila manfaat dari saffron memiliki potensi yang tinggi dalam mengobati penyakit yang bisa dapat menyerang otak, contohnya seperti penyakit parkinson dan alzheimer.

2. Memiliki sifat dalam melawan tumbuhnya sel kanker

Saffor mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, yang bisa membantu untuk netralkan radikal bebas yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Radikal bebas telah banyak diketahui bahwa bisa sebabkan bermacam penyakit kronis seperti kanker.

Pada penelitian mengungkapkan bahwa saffron dan senyawanya bisa membunuh sel kanker yang terdapat pada usus besar dengan selektif dan dapat menekan pertumbuhan sel kanker tanpa harus mempengaruhi sel normal lainnya.

Bukan hanya itu, saffron juga mempunyai manfaat untuk bisa membantu dalam meringankan beberapa penyakit atau juga kondisi kesehatan lainnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *