Jamur enoki yang juga disebut sebagai Flammulina velutipes adalah salah satu jenis jamur yang cukup sering dijadikan sebagai pengobatan trandisional di china. Jamur yang satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan tauge putih, yang membuat jamur enoki mempunyai berbagai macam manfaat bagi kesehatan kalian. Kalian juga perlu mengetahui beberapa keistimewaan dari jamur yang berasal dari negeri sakura ini.

Jamur enoki merupakan jamur yang biasanya tumbuh pada waktu musim dingin datang. tepatnya akan tumbuh di dekat dengan pohon yang memiliki daun yang berbentuk jarum. Namun tidak semuanya akan tumbuh dipepohonan, masih banyak petani dari jepang yang budidayakan jenis jamur yang satu ini pada pohon yang telah gugur, seperti pohon birch, maple dan juga plum.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari jamur enoki:

1. Dapat membantu menjaga kesehatan jantung

Sudah seperti yang sudah diketahui bahwa jamur yang satu ini mempunyai manfaat untuk orang yang menderita penyakit kardiovaskular. Jamur enoki mempunyai serat yang sangat tinggi yang sangat mampu untuk menyerap kolestrol yang lebih banyak dan juga dapat membantu proses metabolisme pada tubuh.

Selain dari pada itu, ada peneltian yang telah temukan bahwa jamur enoki memilik kandungan senyawa mikosterol dan plosakarida yang memiliki efek untuk menurunkan kadar kolestrol.

Hal ini juga telah terbukti dari uji coba menggunakan seekor hamster dengan memakan ekstrak dari jamur enoki.  Dengan uji coba ini membuahkan hasil bahwa seekor hamster tersebut mempunyai kadar kolestrol, kolesterol LDL dan juga trigliserida yang jauh lebih rendah dari pada sebelumnya.

Dari semua komponen tersebut adalah faktor yang bisa tingkatkan risiko terjadinya serangan jantung. Dengan begitu konsumsi jamur enoki sangatlah bermanfaat bagi kesehatan jantung kalian.

2. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Bukan hanya bisa mencegarh terjadinya tumbuh sel kanker, jamur enoki yang juga memiliki manfaat untuk tingkatkan sistem kekebalan tubh dari kandungan protein miliknya.

Seperti yang dilansir dari frontiers ini pharmacology, bahwa kandungan protein yang terdapat pada jamur enoki yang setara dengan sayuran hijau, yakni 1.8  gram.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *