Jogging dan berlari merupakan olahraga yang menyenangkan dan juga menyehatkan tubuh kita. Namun, untuk melakukan peregangan setelah kalian jogging merupakan hal yang penting.

Peregangan sebaiknya bukan hanya dilakukan sebelum jogging, akan tetapi juga baik setelah jogging. Ketika suhu tubuh kalian meningkat, terutama pada baian otot kalian. Cocoknya kalian melakukan peregangan dengan waktu sekitar 10-30 detik untuk setiap gerakannya.

Pastikan kalian fokus pada penapasan kalian ketika melakukan peregangan. Selain dari pada itu, kalian juga tidak perlu untuk terlalu memaksakan diri bila gerakan tersebut akan bisa membuat kalian jadi sakit. Berikut ini merupakan beberapa jenis peregangan yang tepat bagi pelari setelah melakukan jogging:

1. Pose mendorong dinding

Dengan cara letakkan kedua lengan kalian pada dinding setinggi bahu merupakan proses peregangan yang dapat membantu untuk menenangkan otot betis yang sedang tegang.

kemudian coba letakkan salah satu kaki ke belakang. Condongkan badan ke arah depan, dan dipastikan kalian telah merasakan tarikan pada betis kalian. Coba tahanlah posisi itu hingga 30 detik.

2. Pose menyentuh jari kaki

Pose yang satu ini sangat mudah untuk kalian laukan dan dapat menjadikan otot hamstring kalian menjadi lebih lentur.

Awalnya kalain cukup berdiri dengan kaki berjarak hingga selebar bahu. Kemudian, cobalah perlahan untuk tundukkan tubuh kalian dengan tangan sampai menyentuh jari kaki kalian. Dan pastikanlah punggung kalian harus tetap lurus, dan kalian cukup tahan posisi ini hingga 30 detik.

3. Peregangan otot hamstring

Jenis peregangan bagi pelari lainnya adalah terletak pada bagian otot hamstring, dengan mengumpulkan pada otot yang berada pada posisi belakang paha. Otot hamstring yang menghubungkan antara betis dan otot fleksor pinggul.

Caranya yang mudah, kalian cukup duduk dengan kaki kanan diluruskan kedepan, dan kaki kirinya ditekuk bersila dengan telapak kaki menempel pada paha kanan. Setelah itu , condongkan tubuh kalian sampai posisi punggung agar tetap lurus.

4. Peregangan fleksor pinggul berlutut

Fleksor pinggul merupakan kumpulan otot yang terletak pada bagian antara batang tubuh (torso) dan paha. Bila Fleksor pinggul sedang tegang, seperti setelah melakukan jogging, kalian mungkin saja akan rasakan sakit pinggang belakang dan juga sakit punggung bawah.

Supaya bisa terhindar oleh kondisi itu, kalian bisa melakukan langkah sebagai berikut ini:

– Coba untuk berlutut dengan kaki kanan, dengan posisi kaki kiri yang kedepan.
– Letakkanlah kedua tangan kalian pada lutut kiri.
– Kemudian dengan perlahan condongkan tubuh ke depan.
– Tahankan posisi tersebut dengan durasi 30 detik.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *