Wasir atau Ambeien merupakan kondisi yang muncul disebabkan oleh pembuluh darah pada lubang anus membengkak dan meradang. Seperti yang disampaikan oleh dr. Michael Valente bahwa normalnya pembuluh darah dapat membantu kendalikan refleks buang gas atau kentut dan gerakan usus. Akan tetapi, pada saat pembuluh darah bengkak, dengan begitu akan munculnya bermacam gejala ambeien yang kemungkinan akan kalian rasakan.

Sebelum untuk ketahui apa gejala ambeien, kalian juga perlu tahu terlebih dahulu mengenai tipe-tipe dari ambeien. Pada setiap tipe wasir atau ambeien, akan muncul gejala yang tidak sama.

Yang pertama adalah ambeien internal yang letaknya di dalam dinding dubur. Wasir dalam (ambeien internal) tidak akan timbulkan iritasi atau nyeri dan juga tidak terlihat kasat mata. Akan tetapi ada beberapa kasus yang mungkin saja bisa sebabkan sakit.

Yang kedua adalah wasir luar (ambeien eksternal). Ambeien eksternal letaknya terdapat dibawah kulit dekat area anus kalian. Pada umumnya jenis tersebut akan merasakan nyeri atau sakit pada sekitar anus.

Ambeien pada mulanya tidak akan sebabkan ciri-ciri atau gejala apa pun yang berarti. Akan tetapi dengan seiringnya waktu, mungkin kalian bisa merasakan:

1. Keluarnya benjolan pada dalam lubang anus

Ciri-ciri dari ambeien yang satu ini perlu kalian waspadai pada saat keluar dan munculnya benjolan dari anus. Benjolan tersebut merupakan pembuluh darah pada anus yang mulai bengkak dan alami prolaps.

Penyebab gejala ambeien tersebut dikarenakan ngeden yang cukup keras dengan begitu benjolannya ikut keluar. Risiko kalian akan lebih tinggi alami prolaps wasir disebabkan pada saat mengangkat beban yang berat atau pada saat sembelit karena perlu mengejan lebih kuat. Proses ngeden yang terlalu keras atau sering bisa sebabkan aliran darah yang mengalir menuju ke anus lebih menumpuk dan banyak di pembuluh, yang dapat memicu wasir.

2. Anus bengkak

Anus bengkak adalah gejala ambeien yang dapat disebabkan karena tekanan cukup besar ketika ngeden buang air besar. Ngeden yang cukup lama dan kuat bisa tekankan saluran anus sehingga dapat mendorong benjolan ambeien ke otot sphincher. Ini yang bisa sebabkan jaringan ikat akan menahan dan mendukung ambeien di tempatnya melemah sehingga pada akhirnya bengkak.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *