Sangat jauh berbeda konsumsi daging buah jeruk yang menyegarkan dan manis, Kulit jeruk yang mempunyai rasa yang pahit dan masam membuat jarang yang mengkonsumsinya. Dengan begitu kulit jeruk sendiri yang hanya sering digunakan pada bentuk parutan yang untuk ditambahkan rasa dan aroma hidangan. Walaupun begitu, kalian sebenarnya juga diperbolehkan untuk mengkonsumsi kulit jeruk.

Memakan kulit jeruk itu mungkin saja akan terdengar aneh, dimana rasa dan teksturnya yang tidak biasa. Akan tetapi, Kulit jeruk memang aman untuk dikonsumsi. Berikut ini merupakan manfaat jika kalian mengkonsumsi kulit jeruk:

1. Dapat menjaga kesehatan gigi

Kulit jeruk sendiri mempunyai kandungan senyawa antibakteri dan juga mempunyai sumber mineral yakni kalsium dan fosfor. Kandungan senyawa antibakteri memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya pembentukan gigi berlubang dan plak gigi. Sedangkan kalsium dan fosfor merupakan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Bukan hanya itu saja, kulit jeruk sendiri mempunyai senyawa yang dinamakan limonene. Lomonene yang mempunyai kegunaan untuk memutihkan gigi dengan alami, dikarenakan senyawa yang satu ini dapat melarutkan kotoran yang tertempel di gigi.

2. Dapat menurunkan risiko bermacam penyakit

Kulit jeruk mempunyai senyawa antioksidan yang bernama polifenol. Senyawa yang satu ini dapat melindungi sel tubuh kalian dari kerusakan yang diakibatkan peradangan dan radikal bebas. Polifenol juga bisa merangsang pertumbuhan sel dan dapat memicu respon terhadap sistem kekebalan tubuh.

Dengan manfaat tersebut, konsumsi kulit jeruk dinilai dapat menurunkan risiko terhadap bermacam penyakit. Yakni seperti penurunan fungsi syaraf, radang pankreas, masalah percernaan, penyakit jantung, dan juga beberapa macam jenis kanker.

3. Dapat menjaga kesehatan jantung

Serat adalah salah satu nutri yang teringgi didalam kulit jeruk., mineral serta vitamin. 100 gram dari kulit jeruk memiliki kandungan 12 gram serat, satu sendok makan kulit jeruk mempunyai kandungan Vitamin C hingga 3 kali lipat dari daging jeruknya.

Seperti yang dilansir dari Advances in Nutrition, pola makan dengan konsumsi tinggi vitamin c dan serta dapat menjaga kesehatan jantung. Vitamin C dapat melindungi pembuluh darah dan jantung yang rusak diakibatkan radikal bebas dan seratnya yang dapat turunkan kolestrol.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *