Apakah kalian pernah lewatkan sarapan disebabkan bangun kesiangan atau kalian pernah menunda waktu makan siang dikarenakan sibuk pada pekerjaan kalian? Bila pernah, sebaiknya kalian tidak untuk melakukan kebiasan dalam lewatkan waktu makan kalian, sebab dengan makanan yang tidak teratur dapat berdampak buruk bagi kesehatan kalian.

Menurut berbagai studi menyebutkan bahwa dalam aktivitas makan bisa berpengaruh pada kesehatan kalian. Makan tidak dengan teratur bisa membuat kalian mempunyai risiko diabetes, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Akan tetapi, bagaimana dengan waktu makan yang tidak teratur bisa membuat kalian sakit? tanpa kita sadari bahwa tubuh kalian mempunyai waktu internal atau bisa disebut dengan nama ritme sikardian, dalah proses yang akan terulang dalam waktu sekitar setiap 24 jam. Ritme sikardian inilah yang mengatur aktivitas biologis, regenerasi sel, produksi urin, level glukosa dan insulin, produksi hormon,, suhu tubuh, pola makan, tidur dan serta lainnya.

Selain dari pada itu, ritme sikardian juga bisa mengantur glukosa, kolestrol, metabolisme lemak dan pencernaan, serta nafsu makan. Dengan begitu, ketika kalian makan dengan waktu yang tidak tepat, makan dapat berpengaruh pada waktu ritme sikardian itu, terutama pada bagian organ seperti usus dan hati.

Seperti yang dilakukan penelitian menyebutkan bahwa dengan makan yang tidak teratur bisa menyebabkan berbagai macam ganguan pada kesehatan sebagai berikut ini:

1. Tingkatnya kadar gula didalam darah

Makan yang tidak teratur bisa berpengaruh pada tingkatnya kadar glukosa di dalam tubuh kita. Hal ini karena dengan makan yang tidak teratur bisa sebabkan resistensi insulin di dalam tubuh dan tingkatkan kadar lemak ketika puasa, kedua hal itu adalah faktor tingkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Gangguan pada pencernaan

Dengan makan yang tidak teratur bisa turunkan efek termal dari makanan yang telah kalian konsumsi. Efek dari termal merupakan energi yang kalian gunakan dalam menyerap dan mencerna makanan. Bila kalian makan dengan tidak teratur, dengan begitu akan bisa menggangu sistem pencernaan kalian. Hal ini bisa terjadi disebabkan karena sistem perncernaan kalian adalah mesin pengolah makanan yang terus digunakan dalam waktu 8-10 jam secara terus menerus. Dengan begitu mesin itu perlu untuk dapatkan suplai makan yang teratur.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *