Pilek merupakan penyakit langganan bagi anak-anak yang dapat sembuh dengan sendirinya seiring waktu. Meskipun begitu, pilek membuat anak akan menjadi lebih rewel seharian jika tidak diobati dengan cepat. Namun kalian tidak perlu khawatir, ada beberapa macam obat pilek tanpa ataupun menggunakan resep dokter yang telah terbukti aman untuk anak-anak.

Berbagai macam gejala pilek seperti batuk, sakit tenggorokan, pusing, demam, serta hidung tersumbat akan sebabkan anak menjadi sulit tidur dan rewel.Anak mungkin juga akan harus absen ke sekolah dikarenakan sakit. Dengan begitu, sebelum sakit anak tidak kunjung sembuh, berikut ini ada beberapa pilihan obat yang dapat kalian berikan agar bisa redakan pilek pada anak:

1. Semprotan saline

Semprot saline bisa digunakan agar bisa legakan hidung yang sedang tersumbat. Semprot saline banyak ditemukan di apotek atau toko obat tanpa ada harus penggunaan resep dari dokter. Obat pilek semprot yang satu ini memiliki kandungan larutan garam yang bisa lembabkan saluran hidung serta dapat encerkan ingus. Bila ingus telah mulai encer, kalian dapat keluarkannya mengunakan alat sedot ingin yang telah dirancang untuk anak. Pastikan kalian harus teliti dalam membaca aturan pemakaian agar tidak salah caranya yang malah akan bisa buat anak menjadi tersedak. Jika perlu, kalain dapat konsultasi terlebih dahulu dengan dokter penggunaan semprot hindung buat anak.

2. Ibuprofen

Ibuprofen bisa kalian gunakan untuk redakan gejala pilek seperti sakit kepala dan demam. Salah satu kelebihan dari Ibuprofen yang tidak sama dengan paracetamol adalah dari cara kerjanya yang akan melawan peradang pada tubuh. Dosisi dari obat ibuprofen bagi anak demam adalah 10mg/kg berat badannya bila umurnya lebih dari 6 sampai dengan 12 tahun. Berikan kepada anak satu dosisnya setiap 6 sampai 8 jam seseuai dengan kebutuhan. Akan lebih baiknya kalain berkonsultasi pada dokter untuk takaran dosis yang akurat sesuai dengan kondisi anak kalian.

3. Paracetamol

Paracetamol ataujuga yang dinamakan dengan acetaminophen merupakan obat yang bisa redakan sakit tenggorokan, sakit kepala, demam yang menyertai pilek pada anak. Obat tersebut dapat kalian beli di toko obat, apotek, bahwa mini market tanpa harus mendapatkanya mengunakan resep dari dokter.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *