Kalian mungkin saja sering mendengar ataupun melihat peringatan dengan waspada pada penyakit jantung! Dan penyakit jantung mana yang dimaksud? sebenarnya ada beberapa jenis dari kelainan jantung serta bisa terjadi di waktu yang sama. Berikut ini merupakan beberapa macam jenis dari penyakit jantung paling umum:

1. Gangguan irama jantung

Jantung normal akan berdetak secara ritme yang teratur. Dengan ilmiah gangguan irama jantung dinamakan dengan disritmia. Gangguan irama jantung tersebut bisa dari sebuah kelainan bawaan sejak lahir. Penderita yang mengalami gangguan ini biasanya akan mengalami keluhan pingsan, pusing, ataupun berdebar-debar.

Serangan jantung bisa sebabkan gangguan irama jantung yang fatal serta dapat berujung sampai kematian mendadak. Gangguan pada struktur bagian jantung diakibatkan dari kelainan katup bisa sebabkan irama jantung menjadi tidak teratur, dengan begitu akan bisa sebabkan stroke. Kelainan tersebut bisa didekteksi dengan cara pemeriksaan spyder, holter atau elektrokardiogram (EKG).

2. Penyakit katup jantung

Jantung manusia yang normal memiliki empat ruang utama. Empat katup jantung tersebut memiliki fungsi sebagai pintu diantara dengan ruang pada jantung dengan pembuluh darah utama. Gangguan dari fungsi katup bisa sebabkan tekanan salah satu ruang pada jantung menjadi meningkat. Jenis dari penyakit jantung tersebut umumnya akan bisa timbulkan gejala rasa cepat hingga sesak napas. Gangguan pada fungsi katup tersebut bisa dikarenakan proses penuaan, tekanan darah tinggi, komplikasi dari penyakit jantung koroner, kelainan bawaan lahir, hingga infeksi.

USG jantung (pemeriksaan echocardiography) akan bisa berikan gambaran yang jelas tentang kelainan tersebut. Penyakit tersebut sering dinamakan oleh masyarakat dengan nama penyakit katup bocor di jantung.

3. Penyakit Jantung Koroner

Mungkin penyakit jantung yang satu ini telah sangat ditakuti dan dikenal oleh banyak orang. Penyakit Jantung Koroner merupakan penyempitan di pembuluh darah koroner. Pembuluh darah pada koroner ini merupakan pembuluh yang alir darah dengan oksigen bagi sel-sel otot bagian jantung.

Pada saat pembuluh darah alami penyepitan, maka oksigen tidak bisa sampai ke jantung sehingga pada akhirnya akan bisa sebabkan gangguan fungsi jantung. Umumnya penyempitan pembuluh darah tersebut dikarenakan adanya plak lemak menumpuk yang dinamakan aterosklerosis.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *