Timun merupakan buah yang sering dihidangkan untuk pelengkap sayur, acar, atau juga lalapan. Buah yang satu ini sering kita jumpa pada kehidupan sehari-hari sebab mudah untuk didapatkan. Selain itu, timun juga mempunyai rasa manis dan segar dengan begitu sangat tepat diolah untuk menjadi bermacam hidangan. Akan tetapi, apakah kalian tahu bahwa timun juga dapat dijadikan sebagai minuman? kalian bisa mencoba untuk membuat air timun. Sebab khasiat dari minun air timun dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kalian dapat hidangkan minuman yang satu ini sebagai pengganti air mineral biasa atau juga dapat kalian bawa ketika beraktivitas di luar.

Dalam memilih timun yang tidak terlalu lembek atau tidak terlalu pahit memang akan cukup sulit. Coba untuk perhatikan warna kulit dengan memilih timun yang mempunyai warna hijau terang. Timun yang memiliki warna sedikit gelap akan masih terasa sedikit manis, sebelum kulitnya kusam ataupun berkeringat. agar bisa pastikan bila timun kalian masih renyah, pastikan kalian memilih tekstur timun yang lebih terasa pada pada saat kalian tekan. Sebaiknya kalian juga melihat apakah bentuk dari buah timun tersebut proporsional atapun tegak dari satu ujung ke ujung lainnya. Dengan ukuran timun yang semakin besar, maka rasa akan terasa lebih pahit. Bila kalian simpan dikulkas maka timun akan bisa tetap segar pada beberapa hari.

Selain dapat membuat kalian lebih segar, air timun juga bisa memberi banyak manfaat bagi tubuh kalian sebagai berikut ini:

1. Dapat perkuat tulang

Timun mempunyai kandungan vitamin k yang cukup tinggi. Dengan satu gelas air timun kalian dapat penuhi hingga mencapai 20% dari kebutuhan vitamin k yang direkomendasikan pada satu hari. Vitamin yang satu ini sangat berguna dalam memproduksi protein yang sangat dibutuhkan oleh jaringan pembentukan dan juga tulang.

2. Bisa membantu untuk mencegah kanker

Dalam sebuah penelitian telah tunjukkan bahwa adanya senyawa lignan dan kukurbitasin yang ada pada timun bisa untuk melawan dalam pertumbuhan sel-sel kanker. Dari studi lain yang dilakukan oleh Robert H. Lurie Cancer menyatakan bahwa buah timun dapat membantu untuk membunuh bermacam jenis sel kanker, merangsang sistem imun atau kekebalan tubuh dan juga dapat memperkecil tumor. Kanker prostat juga dapat dilawan oleh senyawa flavonoid fisetin yang terdapat pada timun.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *